Minggu, 27 Desember 2009

tugas perilaku konsumen 3 (artikel)

BLACKBERRY dan MICXON S900



Bran Follower atau merek tiruan di Indonesia cukup banyak perkembangan yang luas serta factor masyarakat yang berada apada perekonomian menengah ke bawah menjadi tombak para produsen untuk membuat tiruan produk yang sedang diminati saat ini. Saat ini yang sedang hangat-hangatnya adalah merk tiruan blackberry. Saat ini di Indonesia ada dua operator besar, Indosat, XL, yang menyediakan layanan Blackberry untuk paket personal dan paket corporate (Telkomsel hanya menyediakan layanan Blackberry corporate). Apakah Perbedaan dari dual paket layanan tersebut? Paket Blackberry personal adalah paket yang layanannya dijual kepada pelanggan personal dimana paket ini dinamakan BIS (Blackberry Internet Service) dimana perngguna personal dapat mendaftarkan email pribadinya ke server BIS untuk dapat di-push ke handset mereka jika ada email terbaru pengguna; sedangkan BES (Blackberry Enterprise Service) adalah paket dimana pengguna corporate diharuskan menginstall application server didekat email servernya (Email server yang digunakan harus lah Microsoft Exchange, LotusNote, Domino).


Apakah perbedaan yang mencolok dari BIS dan BES ini? user BIS hanya bisa untuk push email, akan tetapi user BES bukan hanya push email tetapi dapat juga men-synchronkan PIM data yang ada di handset dengan email server yang mempunyai koneksi langsung dengan BES server; begitu juga dengan internet dan intranet web page dapat diakses melalui handset Blackberry (hanya handset Blackberry saja yang dapat menikmati feature ini, handset BBC tidak bisa menikmati feature ini) tergantung network operator yang menyediakan layanan ini kepada pelanggannya korporatnya. Untuk Indonesia, paket personal dapat menghubungi Indosat dan XL; kemudian untuk paket corporate dapat menghubungi XL, Indosat, dan Telkomsel.

Pertumbuhan Blackberry dinilai yang sangat cepat ini tidak didukung saja pada sisi aplikasi layanan ini akan tetapi dengan dikeluarkannya handset Blackberry oleh RIM yang sasarannya middle high (Business seperti tipe 8100,8300,dan 8800) yang mempunyai kemampuan Multimedia, 8820, 8310 dan 8320 juga ada 8120 atau 8130. Masing-masing tipe mempunyai kelebihan masing-masing; ambil contoh tipe 8310 dan 8320, dimana tipe-tipe tersebut adalah tipe turunan dari 8300 (terdapat kamera) dimana 8310 ditambahkan feature GPS dan 8320 ditambahkan feature Wifi.

Ada beberapa keunggulan layanan blackberry ini dibandingkan layanan push email lainnya keunggulan-keunggulan teknologi push email Blackberry sbb:

    • Pengiriman email dan WEB Browsing dengan kompresi yang dilakukan dua kali (content dan komunikasi) sehingga kita bisa mendapatkan push email real time/WEB lebih cepat dan menghemat bandwidth GPRS/EDGE

    • Integrasi dengan Instant Messaging service seperti yahoo messenger dan Gmail Talk

    • Membuka attachment email yang lebih cepat (pengalaman pribadi ) dimana akses cepat ini ada hubungannya dengan kompresi yang sangat sempurna dari RIM

    • Security handset yang sangat apik dan terjamin dari level handset (handset Blackberry) sampai dengan layanannya (terkadang jika lupa password untuk untuk unlock handset, handset akan terformat secara otomatis)


layanan Blackberry ini ada untuk memudahkan kita bekerja; terutama pekerjaan kirim-mengirim email bisnis atau penting yang harus dilakukan pada saat itu kita tidak berada di depan PC atau Laptop.

Dan bran follower blackberry salah satunya adalah micxon s900. Micxon baru saja meluncurkan Micxon S900 yang hanya berjarak 2 hari dari peluncuran Mito 2000. Desain Micxon S900 dan Mito 2000 terlihat sama, namun Mito 2000 memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan dari Micxon S900. Dibawah ini adalah fitur unggulan dari Micxon S900.



Fitur Unggulan :
• Dual GSM 800/1900 (SIM 1 lock provider IM3)
• Frekwensi Jaringan 900 / 1800Mhz
• LCD TFT “2.2” inchi 262K warna
• Keyboard QWERTY
• Bahan yang terbuat dari campuran stainless
• Shake Control
• Radio FM
• GPRS & Bluetooth A2DP
• Kamera
• Pemutar MP3/MP4
• Slot microSD hot-swap
• Dukungan Java
• Aplikasi E-Buddy, Facebook, Yame, dan Opera Mini


Kelemahan :
• Kamera beresolusi VGA
• Penggunaan yang membingungkan
• Tidak terdapat trackball atau D-pad
• Tidak terdapat aplikasi untuk membuka dokumen word, excel, PDF, dll
• Tidak terdapat microSD didalam kotak penjualan Micxon S900


Tidak terdapat perbedaan fitur yang signifikan antara Micxon S900 dengan handphone BlackBerry Cina lainnya yang beredar di Indonesia. Namun kami akan tetap mengulasnya untuk anda sebagai bahan refrensi untuk membeli handphone berdesain BlackBerry.


Sebaiknya dalam membeli suatu produk harus diperhatikan beberapa evaluasi sebelum melakukan pembelian produk tersebut,

  1. dengan membandingankan pilihan yang didedinisikan (cara potensial dari awal pengambilan keputusan) kita jadi lebih jelas untuk melihat ke unggulan di kedua produk tersebut.

  2. Membentuk keyakinan, sikap dan tujuan ,mengenai alternative yang dipertimbangkan, karna kedua produk tersebut memiliki nilai yg cukup tinggi.

Pengambilan keputusan dalam membeli pun harus benar-benar diperhatikan, bisa saja barang yg mempunyai nilai yang lebih mahal biasanya tahan lama, dan sebaliknya, jadi kita harus ada pengambilan keputusan atas kedua produk di atas. Prespektif keputusan ada 2, kita dapat melihat keputusan yang mendukung, yang pertama dengan ketelibatan tinggi, kita dapat pengaruh hirarki mengalir dari pembentukan keyakinan ke pembentukan afeksi ke pembentukan ke tujuan, dengan itu kita dpat menentukan pilihan kita. Yang kedua dengan keterlibatan rendah dimana evaluasi alternatifnya m,elalui pembentukan keyakinana dasar mengenai pilihan yang dipertimbangkan.

Bisa juga dilihat dari prespektif pengalaman, kita dapat melihat bagaimana konsumen lain memakai ke2 produktersebut, jadi kita dapat melihat pengalaman-pengalaman konsumen yang terlah memaki produk –produk tersebut.. Prespektif pengaruh perilaku yang menyatakan konsumen secara konseptual tidak pernah sadar membandingkan alternative, jadi tidak ada proses pembanding internal yang diakui terjadi sebelum perilaku.

Komunikasi dalam pemasaran kedua produk tersebut adalah sama, dimana merekan sama-sama memasarkan produknya dengan cara melakukan pameran diberbagai tempat, membuat brosur-brosur, mengiklankan lewat internet, sehingga para konsumen lebih mudah untuk mendapatkain informasi tentang produk yang mereka keluarkan. Jadi kita dapat menentukan pilihan kita untuk kedua produk tersebut, apakah kita lebih memilih kwalitas dengan harga yang tinggi, atau kita sekedar berkendara saja dan mendapatkan kesan yang sproti sama dengan produk yang lebih memiliki nama dipasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar